1 syawal 1431 H

1 Syawal 1431 H Jatuh Pada Hari Jum’at 10 September 2010. Walaupun masih menunggu sidang istbat pemerintah untuk menentukan Kapan hari Lebaran 1 syawal 1431 H, namun dari beberapa situs berita yang saya baca sekarang Sepertinya waktu lebaran akan tiba dan jatuh pada tanggal 10 september 2010 tepatnya hari Jumat besok.
melihat hilal
melihat hilal
Setelah pencarian hilal Syawal pada malam Kamis, ternyata hilal syar’i tidak terlihat di beberapa negeri kaum Muslim. Karena itu, Shaum Ramadhan digenapkan menjadi 30 hari dan Idul Fitri (1 Syawal 1431 H) jatuh pada hari Jumat, 10 September 2010. Kaum Muslim tentu berharap ketetapan hari raya tersebut dilakukan oleh Khalifah bagi kaum Muslim, sehingga dapat berhari raya di hari yang sama, karena kita adalah umat yang satu.

 Imam Bukhari telah mengeluarkan di dalam Shahîh-nya dari jalur Muhammad ibn Ziyad, ia berkata: aku mendengar Abu Hurairah ra., berkata: “Nabi saw bersabda atau ia (Muhammad ibn Ziyad) berkata: Abu al-Qasim saw bersabda:
«صُوْمُوْا لِرُؤْيَتِهِ وَأَفْطِرُوْا لِرُؤْيَتِهِ فَإِنْ غُبِّيَ عَلَيْكُمْ فَأَكْمِلُوْا عِدَّةَ شَعْبَانَ ثَلاَثِيْنَ»
Berpuasalah kalian karena melihatnya (hilal) dan berbukalah kalian karena melihatnya, jika hilal itu tertutup bagi kalian (tidak bisa terlihat) maka genapkanlah hitungan Sya’ban menjadi 30 hari.
Negeri-negeri Muslim telah melakukan pemantauan untuk melihat hilal, tetapi hilal syar’i tidak terlihat. Beberapa negeri Muslim yang hari ini menggenapkan bulan Ramadhan diantaranya adalah Indonesia, Arab Saudi, Qatar, UEA, Kuwait, Yaman, Yordania, Suriah, Palestina, Mesir, Sudan dan negeri-negeri Muslim lainnya.
Beberapa negeri lainnya menetapkan hari Raya jatuh pada hari Kamis. Pusat Astronomi di Libya dan Dewan Fatwa Eropa memutuskan hari Idul Fitri jatuh pada hari Kamis. Namun, penetapan ini didasarkan pada perhitungan (hisab).
Karena sekat-sekat batas semu nasionalisme yang telah memecah belah kaum Muslim, menyebabkan penetapan Idul Fitri dilakukan oleh penguasa berbeda, antara satu negeri dengan negeri lainnya. Akhirnya, seringkali terjadi perbedaan hari Raya. Padahal, kaum Muslim adalah umat yang satu, sudah semestinya berhari raya di hari yang sama, di bawah satu kepemimpinan.
Kaum Muslim tentu sangat merindukan, penetapan Idul Fitri ini tidak hanya diputuskan di masing-masing negeri, melainkan oleh seorang pemimpin kaum Muslim, yakni Khalifah. Insya Allah, Khilafah Rasyidah akan kembali, dan pada saat itu, Khilafah akan menyiarkan secara langsung ke seluruh dunia aktivitas pemantauan awal Syawal tersebut.
Nah bagaimana pendapat kalian mengenai 1 Syawal 1431 H Jatuh Pada Hari Jum’at 10 September 2010 ? Dan apa saja persiapan kalian menyambut Hari Lebaran Idul Fitri 1 Syawal 1431 H tahun 2010 ini? Mari yuk lihat lihat Kumpulan SMS Lebaran dan kartu ucapan lebaran ;)
  • www.kaskus.us/showthread.php?t=5244778
  • Syabab.Com

UPDATE: 1 Syawal 1431 H Jatuh Pada Hari Jum’at 10 September 2010 !!!

Pemerintah lewat Kementerian Agama telah menetapkan 1 Syawal 1431 H jatuh pada hari Jumat, 10 September 2010.
“Dengan mengucapkan bismillah, sidang isbat menetapkan bahwa bulan Ramadhan 1431 H disempurnakan menjadi 30 hari sehingga jatuh pada hari Jumat, 10 September 2010,” kata Menteri Agama Suryadharma Ali saat mengesahkan sidang itbat di Kementerian Agama, Jalan Lapangan Banteng, Jakarta, Rabu (8/9/2010).
Keputusan Menteri Agama soal 1 Syawal 1431 H yang jatuh pada hari Jumat 10 September 2010 ini sesuai dengan pengamatan hilal oleh Nahdlatul Ulama dan Muhammadiyah serta beberapa ormas Islam.
Keputusan ini juga sesuai dengan pengamatan dari 29 kota dari Jayapura sampai Aceh bahwa hilal tidak terlihat.
Sidang isbat penentuan 1 Syawal 1431 H ini dihadiri oleh 10 duta besar dan perwakilan, seperti dari Yaman, Libya, Syria, Emirat Arab, Dirjen Peradilan Agama Mahkamah Agung Indonesia, Ketua MUI, para pemimpin ormas Islam, dan segenap alim ulama.(kompas)
Lihat keterangan dari 2 Ormas islam Indonesia:
NU : www.nu.or.id/page.php?lang=id&menu=galerifoto_list&group_id=150
Muhammadiyah : www.umm.ac.id/pengumumandetail.php?c=10090492537

0 komentar:

Posting Komentar